Cara Mengatasi Perubahan Sikap Ketika Hamil

Cara Mengatasi Perubahan Sikap Ketika Hamil – Pada saat hamil perubahan drastis terjadi dalam diri anda. mulai dari fisik hingga psikis. Mengatasi perubahan psikis memerlukan kerja keras karena psikis cenderung berubah-ubah mengikuti perubahan hormon. Perubahan hormon tidak mudah diprediksi karena tidak bisa dihitung pasti skalanya. Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang amat dratis sehinga lebih mudah tersinggung dan lebih sensitif. Terkadang ibu hamil lebih bersikap menyebalkan karena emosinya yang lebih meluap-luap.

Maka sebagai pasangan yang baik tentunya dewasa menghadapi perubahan sikap ibu hamil merupakan hal yang amat perlu. Selain itu pada ibu hamilnya sendiri menyadari perubahan moodnya yang berbeda akan memberikannya jalan mencari solusi agar perubahan sikap yang drastis bisa diatasi. Hal ini juga bermanfaat mencegah stress yang dampaknya buruk bagi kandungan. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perubahan sikap ketika hamil.

Cara Mengatasi Perubahan Sikap Ketika Hamil

Mengatasi Perubahan Sikap Ketika Hamil

1. Lakukan hal-hal yang menyenangkan
Mood ketika hamil memang naik turun karena adanya perubahan hormon besar-besaran. Untuk mengendalikan emosi anda sebaiknya lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, membaca buku hingga senam hamil. Hal tersebut akan membaut pikiran lebih rileks dan mengurangi perilaku menyebalkan bawaan hamil. Dengan emosi yang stabil dampaknya juga baik bagi kesehatan janin anda.

2. Perhatian suami haruslah lebih intens
Kestabilan emosi istri ketika hamil dapat dibangun dengan perhatian suami yang lebih intens. Para suami sebaiknya memberi pengertian dan perhatian dengan porsi lebih. Anggap saja anda sedang memperhatikan dua orang dalam sekali waktu yaitu anda dan janin yang dikandung istri anda. pahamilah karakter sensitif istri sehingga anda tidak mudah emosi melihat perubahan emosinya yang drastis.

3. Memeriksa kehamilan secara teratur
Selain itu anda bisa bersama suami bisa memeriksakan kehamilan secara teratur. Periksa kehamilan ke dokter atau bidan kandungan terdekat. Selain bisa memantau tumbuh kembang janin hal ini membuat psikologis ibu hamil bisa stabil karena melihat janin yang dikandungnya berkembang sehat. Anda juga mendapat banyak nasihat dan saran dokter seputar kehamilan yang sangat membantu.

4. Mencari informasi tentang kehamilan
Kehamilan juga memerlukan ilmu tersendiri agar ibu hamil tidak bingung menghadapinya. Anda bisa mencari informasi seputar kehamilan melalui majalah hingga artikel di internet. Dengan ilmu dan informasi yang didapat membuat ibu hamil tenang menghadapi kehamilannya dan emosinya lebih stabil.

5. Memperhatikan asupan makanan
Asupan makanan juga mempengaruhi mood semasa mengandung. Hindari makanan yang berbahaya bagi janin dan konsumsi makanan penunjang kesehatan serta makanan yang mampu membuat mood ibu hamil kembali membaik seperti buah, sayuran, hingga susu. Konsumsi makanan yang sehat dengan jumlah cukup sehingga kesehatan dan kestabilan emosi anda akan terjaga.

Demikian beberapa cara mengatasi perubahan sikap ketika hamil. Semoga menambah informasi anda seputar kehamilan yang bermanfaat.

Hallo perkenalkan nama saya Erin Prilly Latuconsina, panggil saja prilly. Saya hobby menulis artikel mengenai hubungan asmara dan keluarga atau istilahnya dikenal dengan sebutan relationship. Semoga dengan blog ini dapat menghibur dan menginspirasi teman-teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *